Makanan Antibiotik Dan Antioksidan Alami



Makanan Antibiotik Dan Antioksidan Alami
The image is Pixabay property

Tubuh manusia rentan sekali terkena berbagai penyakit. Ini dapat dibuktikan ketika perubahan musim, penyakit seperti batuk, flu dan lainnya kerap menyerang tubuh anda. Obat antibiotik yang berdasarkan resep dokter akan membantu menyembuhkan berbagai penyakit tersebut. Tapi tahukah anda, ada berbagai makanan yang dapat digunakan sebagai antibiotik alami yang mudah dan murah yang bisa kita temukan disekitar kita.

Mengkonsumsi obat antibiotik yang tidak berdasarkan pada resep dokter akan membuat penyakit anda semakin kebal terhadap berbagai obat antibiotik tersebut. Oleh karena itulah, resep dokter diperlukan saat mengkonsumsi obat antibiotik. Ternyata ada antibiotik alami yang bisa kita peroleh dari makanan yang kita konsumsi setiap hari. Oleh karena itulah, saya akan membahas artikel yang berkaitan dengan makanan sebagai antibiotik alami. Berikut ini 4 makanan sebagai antibiotik alami :

1. Bawang merah 

Bawang merah ternyata merupakan obat antibiotik alami. Ketika kita terserang batuk, mengkonsumsi bawang merah akan membantu mengeluarkan lendir dan bahan -bahan lainnya dari paru-paru, bronkus dan trakea. Mengkonsumsi bawang merah juga dapat membantu meningkatkan aliran darah serta berfungsi melawan radang.

2. Bawang putih

Bawang putih ternyata juga merupakan obat antibiotik alami. Bawang putih tersebut dapat membantu menyembuhkan penyakit dan mengurangi rasa sakit. Selain itu pula, bawang putih mampu menurunkan terkanan darah dan mengurangi kadar kolesterol didalam tubuh serta mengobati keracunan makanan.

3. Teh hijau

Teh hijau juga merupakan obat antibiotik alami. Teh hijau tersebut berfungsi untuk membantu kinerja antibiotik. Ini dikarenakan, teh hijau mengandung antioksidan yang cukup tinggi yang bermanfaat sebagai obat antibiotik alami.

4. Madu

Madu merupakan obat antibiotik alami bagi tubuh anda. Madu berfungsi untuk menghalangi pertumbuhan bakteri dan juga dapat mengobati infeksi yang diakibatkan oleh bakteri. Oleh karena itulah, mengkonsumsi madu sangat baik untuk tubuh anda sebagai antibiotik alami.

Selanjutnya saya akan membahas mengenai makanan segar sebagai sumber antioksidan alami. Antioksidan merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Ini dikarenakan, salah satu peran utama antioksidan yaitu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas yang dapat masuk ke tubuh seseorang. Radikal bebas yang bercampur oksigen yang kita hirup dapat menjadi pemicu beberapa jenis kanker. Berbagai makanan sehat terbukti dapat menangkal radikal bebas. Lalu, apa saja makanan sehat yang memiliki sumber antioksidan yang alami tersebut.

Udara yang bersih dan bebas dari polusi rasanya sudah sangat sulit didapatkan khususnya didaerah perkotaan. Ini mungkin disebabkan kurang memadainya taman kota plus semakin banyaknya sepeda motor dan mobil yang menciptakan polusi melalui asap yang dikeluarkannya. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu udara yang kita hirup terkontaminasi (tercampur) berbagai radikal bebas. Nutrisi antioksidan sangat diperlukan untuk melawan berbagai radikal bebas yang masuk tubuh. Berikut ini 7 makanan segar sebagai sumber antioksidan alami :

1. Tomat

Buah yang memiliki ciri fisik bulat dan bewarna merah ini ternyata sangat efektif untuk  menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh. Ini dikarenakan, tomat memiliki kandungan lycopene yang cukup tinggi. Fungsi lycopene yang utama yaitu sebagai zat antikanker.

2. Bawang Putih

Salah satu bumbu dapur ini memiliki kandungan nutrisi yang terbilang lengkap seperti vitamin A, B, C, selenium, yodium, kalium, zat besi, kalsium, seng serta magnesium. Berbagai nutrisi inilah yang menjadikan bawang putih sebagai sumber antioksidan penangkal radikal bebas.

3. Teh Hijau

Suka minum teh? Teh khususnya teh hijau ternyata juga sangat bagus untuk menangkal radikal bebas. Ini dikarenakan, teh hijau mengandung sumber catechin polyphenol yang terbukti efektif mencegah kanker. Sangat disarankan untuk minum 3 (tiga) cangkir teh hijau setiap hari.

4. Brokoli

Salah satu sayuran sumber antioksidan yang alami adalah brokoli. Sayuran ini mengandung sulforaphane yang berfungsi memerangi berbagai jenis kanker yang dapat mengancam jiwa seseorang. Oleh karena itulah, sangat disarankan untuk mulai menghidangkan sayuran brokoli kedalam meja makan anda.

5. Stroberi

Buah stroberi ternyata  memiliki berbagai kandungan nutrisi seperti protein, serat, kalsium, fosfor, vitamin C, folat serta vitamin A. Berbgai nutrisi inilah yang menjadikan stroberi sumber antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh anda. 

6. Bayam 

Bayam memiliki kandungan nutrisi seperti sumber vitamin A, vitamin K, mangan, folat, kalsium plus protein dan flavonoid. Nutrisi-nutrisi inilah yang bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

7. Wortel

Inilah satu makanan sehat yang juga di sukai oleh kelinci. Salah satu keunggulan wortel yaitu sayuran ini memiliki kandungan falcarinol plus falcarindiol yang berfungsi sebagai nutrisi antikanker dan penangkal radikal bebas. 


Penulis: Intips Kesehatan
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://intips-kesehatan.blogspot.com


No comments:

Post a Comment