Temui Orangutan Di Tanjung Puting



Temui Orangutan Di Tanjung Puting
The image is Pixabay property

Dalam artikel ini, saya akan mengenalkan tempat wisata dari tanah kelahiran saya, tepatnya di daerah kecamatan kumai, kabupaten kotawaringin barat, Pangkalan Bun, kalimantan tengah yang merupakan Tamana Nasional yang menjadi tempat pelestarian Orang utan dan Hutan lindung. Bagi anda yang suka wisata alam, maka Tanjung puting merupakan salah satu yang wajib anda kunjungi, karena menyajikan berbagai jenis tumbuhan dan pepohonan yang masih alami.

Ditengah perjalan menuju tanjung puting kita akan disuguhkan pemandangan hutan bakau yang masih sangat alami dengan suasana yang sangat menenangkan menggunakan alat transfortasi yang dalam bahasa kumai disebut kelotok atau sebuah kapal kecil yang terbuat dari kayu, anda akan memperoleh sensasi dan pengalaman yang tidak akan pernah ditemukan di tempat lain.

Kelotok akan menyusuri teluk kumai dan sungai sekonyer. Karena memang lokasi ini hanya bisa di tembuh lewat jalur air. Namun justru ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik yang dari luar negeri ataupun wisatawan lokal, karena bisa menyaksikan bagaimana kehidupan orang utan di habitat aslinya.

Anda bisa mendapatkan pengalaman unik dan menyaksikan indahnya hutan bakau dan tumbuhan khas hutan tropis di sepanjang perjalanan menuju Taman Nasional Tanjung Puting, dan tak jarang pula kita akan menyaksikan beraneka ragam hewan.

Perjalanan menuju tanjung puting dari kota kumai memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Namun anda tidak perlu khawatir, karena di atas kelotok sudah disediakan segala kebutuhan kita selama berada diperjalanan, dari mulai makanan, minuman, tempat tidur, dan segala keperluan lainnya sudah di sediakan oleh pihak kelotok.

Di Taman Nasional Tanjung Puting terdapat berbagai macam jenis tumbuhan dan pepohonan hutan yang telah hidup puluhan tahun seperti pohon meranti (Shorea sp), ramin (Gonystilus bancanus), jelutung, garu, pohon ulin dan masih banyak lagi yang bisa ditemukan di sana. Selain itu disana juga banyak terdapat berbagai jenis mamalia seperti bekantan, owa-owa, beruang madu, rusa sambar dan kijang serta ada kurang lebih 200 jenis burung.

Secara garis besar ada 2 tempat yang bisa anda kunjungi di Tanjung Puting National Park, yaitu:

1. Camp Leakey

Meskipun banyak sekali keindahan yang bisa kita nikmati di tanjung puting, pengalaman utama yang paling di nanti oleh para wisatawan adalah melihat orang utan kalimantan pada saat pemberiaan makan orang utan tersebut di tiga lokasi berbeda, yaitu di Camp Tanjung Harapan, Camp Pondok Tangguy, dan Camp Leaky. Camp Leakey merupakan tempat rehabilitasi orang utan yang bekerja sama dengan pihak Orangutan Foundation International yang berdiri dilahan seluas 45.907 ha.

Disini kita bisa menyaksikan secara langsung orang utan kalimantan di habitat aslinya, karena memang hutan lindung ini masih terjaga keasliannya dari dulu hingga sekarang. Sehingga sangat cocok sebagai tampat penangkaran orang utan dan hewan-hewan lainnya.

Terdapat pula beraneka ragam jenis fauna  yang terdiri dari 200 lebih jenis burung, 38 jenis mamalia dan 16 jenis reptilia, sehingga taman nasional tanjung puting merupakan kekayaan alam yang patut di banggakan dan kita jaga hingga sekarang.

2. Tanjung Harapan

Tanjung Harapan merupakan tanjung bebatuan yang terletak di pantai yang menghadap samudera atlantik.

Bagi anda yang tertarik ingin berkunjung ke tanjung puting, silahkan datang ke kota pangkalan bun, yang bisa di akses lewat jalur udara dari kota Surabaya, Jakarta atau Semarang. Untuk jalur laut bisa di akses lewat Surabaya dan semarang, dengan tujuan pelabuhan panglima utar kumai dengan perjalanan sekitar 18 sampai 24 jam. Untuk Lokasi penginapan dan tempat penyewaan kelotok ke Tanjung Puting, lokasinya tidak jauh dari pelabuhan panglima utar kumai, jika anda bertanya dengan masyarakat di sekitar pasti mereka tahu dan akan menunjukannya.

Sekedar informasi, Taman Nasional Tanjung Puting ini juga merupakan tempat wisata favorit para turis manca negara, karena hampir setiap musim liburan Tanjung Puting tidak pernah sepi pengunjung dari mancanegara. Mungkin ini informasi sekilas tentang Tanjung Puting National Park yang bisa saya jelaskan, semoga bermanfaat.


Penulis: Tresna Amanah
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://wisataakita.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment