Peluang Usaha Melalui Kerja Keras, Cerdas, Dan Ikhlas



Peluang Usaha Melalui Kerja Keras, Cerdas, Dan Ikhlas
The image is Pixabay property

Ketika mendapatkan peluang usaha atau kesempatan kerja, sangat penting untuk melakukan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas, juga untuk mewujudkan keseimbangan hidup antar manusia. Saya baru menyadari hal ini beberapa bulan terakhir karena hidup bukan soal kerja keras dan uang saja. Ada yang harus kita berikan ke orang lain karena sejatinya manusia itu mahluk sosial, saling membutuhkan.

Lalu bagaimana jika kita menemukan orang yang tak bisa memberi impact yang sama? Misalnya kita sering bisa dimintai bantuan oleh dia, sedangkan giliran kita yang minta bantuannya tidak bisa. Ini bukanlah impact atau timbal balik melainkan egois semata. Saya pernah menemukan beberapa orang seperti ini di pergaulan saya dan pada akhirnya saya mulai sadar mana yang harus dipertahankan dan mana yang harus dilepaskan. Bukan berarti memutus tali silaturrahmi, tapi membatasi sesuai porsi pemahaman masing-masing.

Apakah Anda pernah mengalami kerja keras setiap hari namun tidak membuahkan hasil yang sesuai? Jika iya berarti ada yang salah atau ada yang kurang dari cara kerja Anda yaitu kurang ikhlas dan kurang cerdas. Lalu bagaimanakah cara mewujudkan ketiga aspek penting itu agar keseimbangan hidup terwujud? Saya punya beberapa pandangan atau opini, dan beberapa pengalaman hidup sesuai fakta yang terjadi.

1. Kerja keras

Kerja keras bukan hanya tak mengenal lelah atau terus berjuang untuk mendapatkan hasil yang maksimal tapi juga disertai dengan keikhlasan dan kecerdasan. Misalnya Anda seorang designer dan mendapatkan project dari seorang klien. Dan Anda pun memulai project itu dengan dasar agar mendapatkan uang. Itu benar, tapi masih ada yang kurang. Anda harus menyertakan keikhlasan hati dalam bekerja  dan dibutuhkan manajemen waktu yang tepat agar semua project planning berjalan dengan baik. Misalnya project design itu membutuhkan waktu 7-10 hari, maka alur dan caranya adalah :
  1. Hari ke 1 - 2 Anda membuat konsep design. Bisa menggunakan kertas atau langsung pakai aplikasi komputer, laptop, dan lain-lain.
  2. Hari ke 2 - 4 bila konsep design sudah di sepakati klien maka Anda harus mengerjakannya sampai pada progres minimal 40%.
  3. Hari ke 4 – 7 seharusnya sudah jadi. Tapi Anda bisa menggunakan waktu ini untuk minta pendapat klien, apakah benar-benar sesuai kebutuhannya. Mengingat waktu yang kita butuhkan masih tersisa 3 hari lagi.
  4. Hari ke 7 – 9 jika design yang Anda buat sudah mendapat kesepakatan itu artinya project sudah selesai. Dan sisa 1 hari ini bisa Anda gunakan untuk merapihkan agar terlihat lebih baik.

2. Kerja cerdas 

Kerja cerdas jika tidak disertai kerja keras dan kerja ikhlas masih seperti berjalan dengan satu kaki (tidak maksimal). Anda harus tahu betul bagaimana seluk beluk pekerjaaan yang Anda mulai nanti. Jangan hanya karena butuh uang dan Anda mengabaikan secara detail pekerjaan Anda, ujung-ujungnya hanya membuang-buang waktu. Karena nantinya akan banyak revisi dan itu memakan waktu (boros). Mulai saat ini mari kita pelajari secara detail apa yang mau kita kerjakan agar hasilnya maksimal dan memuaskan.

3. Kerja ikhlas 

Kerja ikhlas sebenarnya adalah konsep dari kerja keras dan kerja cerdas. Sebelum berniat bekerja keras dan bekerja secara cerdas, Anda harus punya niat kerja ikhlas. Ini bukan soal jumlah uang yang kita terima, melainkan tentang pencapaian yang kita kerjakan nanti. Apapun yang kita kerjakan secara ikhlas tentu memberi dampak sangat luar biasa. Bukan hanya batin kita, tapi juga orang yang mempekerjakan kita akan merasa senang dan Anda pun mendapat nilai lebih. Jika hal ini bisa dipelihara berkelanjutan, Anda tak akan pusing-pusing mencari klien. karena akan direkomendasikan klien-klien lain yang sudah pernah mempekerjakan Anda.

Sejatinya manusia menginginkan impact kepada manusia lain. Baik secara sadar atau tidak sadar itu sudah menjadi tradisi kehidupan manusia. Apa saja yang kita lakukan (terlebih hal positif untuk orang lain) tentu saja kita mengharapkan imbalan yang sama pula. Entah itu cepat atau lambat. Belajar ikhlas itu seumur hidup. Jadi selama masih hidup alangkah baiknya apa saja yang kita lakukan didasari dengan ikhlas. Ikhlas itu mampu membawa manusia ke level yang lebih berkelas.

Semoga bermanfaat.


Penulis: Fajar Firdaus
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://fajarpagi.net


No comments:

Post a Comment